Sabtu, 27 April 2013

Kekayaan Alam Pulau Natuna

Inilah Indonesia..
Indonesia merupakan Negara Maritim, yang 2/3 bagiannya merupaka wilayah lautan.
Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Setiap pulau di Indonesia dibatasi oleh laut-laut yang kaya akan hasil Lautnya, sehingga negeri jiran sangat tertarik untuk mengeksploitasi Laut Indonesia.
  Sejak zaman bahari, pelayaran dan perdagangan antar pulau telah berkembang dengan menggunakan berbagai macam tipe perahu tradisional, nenek moyang kita menjadi pelaut-pelaut handal yang menjelajahi untuk mengadakan kontak dan interaksi dengan pihak luar. Bahkan, yang lebih mengejutkan lagi, pelayaran yang dilakukan oleh orang-orang Indonesia (Nusantara) pada zaman bahari telah sampai ke Mandagaskar. Bukti dari berita itu sendiri adalah berdasarkan penelitian yang dilakukan yaitu tipe jukung yang sama yang digunakan oleh orang-orang Kalimantan untuk berlayar “Fantastis”. Pada zaman bahari telah menjadi Trade Mark bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Indonesia merupakan negara maritim yang mempunyai banyak pulau, luasnya laut menjadi modal utama untuk membangun bangsa ini. Indonesia adalah “Negara kepulauan”, Indonesia adalah “Nusantara”, Indonesia adalah “Negara Maritim” dan Indonesia adalah “Bangsa Bahari”,”Berjiwa Bahari” serta “Nenek Moyangku Orang Pelaut” bukan hanya merupakan slogan belaka,

Diantara beribu-ribu pulau di Indonesia ada satu pulau di kepulauan Riau yang lautnya sungguh mempesona yaitu Pulau Natuna. Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata. Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatra Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat. Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 14.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680 barel.

 Natuna memiliki banyak pulau kecil dan laut yang jernih. Potensi wisata Natuna juga sangat bagus, tidak kalah dengan Bali. Di sini ada tempat diving, surfing, pasir putih, dan sebagainya. Kepulauan Natuna merupakan gugusan pulau yang terdiri dari ± 272 pulau besar dan kecil ini, memiliki pemandangan yang indah dengan panorama pantai yang masih terjaga keasriannya. Sejumlah lokasi bahkan menjadi tempat favorit bagi penggemar snorkling, pengamat habitat penyu dan pecinta wisata bawah air, di antaranya Pulau Senoa, Pulau Sedanau, Pulau Tiga, Pulau Serasan.

Masih banyak lagi keindahan yang ada di Pulau Natuna. Pengen tau lebih banyak lagi ???
Temukan sendiri keasriannya .
Selamat menikmati Liburan :)


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Natuna
http://galeriwisata.wordpress.com/wisata-sumatera/wisata-riau/pulau-natuna/
http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/05/20/m4bqp4-miliki-cita-rasa-beda-hasil-laut-natuna-kian-diminati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar